Vinales: Yamaha Tidak Punya Progres

"Pembalap 23 tahun itu mendesak Yamaha untuk segera mengatasi masalah kurangnya traksi"
Maverick Vinales (Alpinestars)

MOTOGP, KLIKPOSITIF -- Maverick Vinales meminta Yamaha segera mencari solusi atas masalah yang menghinggapi YZR-M1.

Pada balapan akhir pekan lalu, Vinales finis ketujuh, tertinggal lebih dari 13 detik dari Marc Marquez. Hari berikutnya, mantan pembalap Suzuki itu menempati posisi keempat pada tes resmi yang digelar Senin, 8 Mei 2018.

Dengan hasil tersebut, pembalap 23 tahun itu mendesak Yamaha untuk segera mengatasi masalah kurangnya traksi yang diderita motor, khususnya dari segi elektronik, yang sebelumnya sudah dibeberkan secara gamblang oleh rekan satu timnya, Valentino Rossi.

"Tes Senin selalu positif, tapi kondisinya juga harus sama seperti Minggu (saat balapan). Dalam tes ini kami tidak memecahkan masalah apapun," katanya dilansir dari Motorsport.

Dalam tes ini, Vinales menempuh total 64 lap, dan kembali mengeluhkan kekurangan motor pada sisi traksi.

Masalah traksi tersebut merupakan momok bagi Yamaha selama dua musim terakhir, feeling motor yang memburuk seiring naiknya temperatur trek juga muncul.

"Pada pagi hari, rasanya sangat berbeda," imbuh dia. "Gripnya lebih banyak dan lebih mudah mencatatkan waktu 1 menit 38 detik rendah. Sepanjang akhir pekan mustahil melakukan itu, saya rasa mereka harus menggelar balapan lebih pagi, mungkin jam delapan," pungkasnya kemudian.

Setelah ini, Vinales akan terbang ke Italia untuk mengikuti tes yang akan berlangsung di Sirkuit Mugello pada Kamis 10 Mei besok.(*)