Jelang Asian Games 2018, Palembang Benahi Fasilitas Kesehatan

"Fasilitas pelayanan dan sumber daya manusia di bidang kesehatan akan terus dibenahi dan ditingkatkan kualitasnya"
Asian Games 2018 (istimewa)

KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan, sejak tiga tahun terakhir memang secara bertahap meningkatkan fasilitas pelayanan kesehatan untuk mendukung pelaksanaan Asian Games pada Agustus 2018 mendatang.

"Fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama atau puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah Bari dipersiapkan dengan standar internasional untuk memberikan pelayanan kepada peserta dan tamu Asian Games," kata Penjabat Sementara Wali Kota Palembang, Akhmad Najib, di Palembang, Rabu (21/3).

Dia menjelaskaskan, RSUD Palembang Bari saat ini telah memilik gedung instalasi bedah sentral, ruangan rawat inap kelas VVIP dan beberapa ambulans berstandar Internasional. Fasilitas pelayanan dan sumber daya manusia di bidang kesehatan akan terus dibenahi dan ditingkatkan kualitasnya.

Dengan pembenahan itu, pihaknya akan bisa memberikan pelayanan kesehatan secara optimal jika ada atlet, ofisial, dan tamu undangan yang sakit selama berlangsungnya pesta olahraga negara-negara kawasan Asia itu. Ditambah lagi dengan meningkatkan jam operasional Puskesmas.

"Jam operasional beberapa puskesmas dimaksimalkan, dari biasanya hanya buka pada jam kerja normal menjadi 24 jam," ujarnya.

Dengan kualitas yang baik dan memenuhi standar Internasional, dia mengharapkan jika ada masalah gangguan kesehatan ringan menimpa atlet, para pendamping, dan tamu undangan dari berbagai negara di kawasan Asia itu, dapat ditangani oleh tim medis puskesmas.

"Dengan pelayanan maksimal diharapkan masyarakat dan tamu Asian Games yang membutuhkan penanganan medis tingkat pertama cukup di puskesmas saja," kata Najib. (*)

sumber: suara.com