Indonesia Siapkan Minimal 300 Atlet untuk Asian Para Games 2018

Asian Para Games 2018
Asian Para Games 2018 (istimewa)

KLIKPOSITIF -- Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mendukung penuh pelaksanaan test event Asian Para Games 2018 . Itu disampaikan Imam saat menerima kehadiran Panitia Nasional Penyelenggara Asian Para Games 2018 (INAPGOC) di Kantor Kemenpora, kemarin.

Menurut menteri asal Bangkalan, Jawa Timur itu, Asian Para Games merupakan event besar Indonesia sepanjang tahun ini. Bersanding dengan Asian Games 2018 yang memang satu paket sejak 2010 silam.

“Semua wajib mendukung suksesnya penyelenggaran Asian Para Games 2018 . Terlebih, ini merupakan multievent yang sangat spesial,” tuturnya.

Baca Juga

Dalam kesempatan itu, turut hadir Sekretaris Kementerian Olahraga Gatot S Dewa Broto, Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta dan Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Mulyana. Dari INAPGOC dengan Ketua Raja Sapta Oktohari, Wakil Ketua Adiati Noerdin, Sekjend Bayu Rahadian dan Wakil Sekretaris Jenderal Ferry Kono.

Asian Para Games 2018 berlangsung 6 hingga 13 Oktober mendatang. Sementara, test event usai lebaran pada 30 Juni hingga 3 Juli nanti. “Terkait dengan atlet , kita ini kan tuan rumah. Jadi, harus menyertakan kekuatan penuh, minimal 300 atlet . Itu sudah kami SK-kan di pelatnas,” Imam menambahkan.

Sebelumnya, Okto mengakui, Indonesia masih kekurangan atlet difabel berlisensi untuk memenuhi kuota 300 atlet . Itu mengapa, test event nanti jadi ajang untuk mendapatkan lisensi atlet . “Semua atlet disabilitas bisa menjadikan momentum Asian Para Games 2018 ini sebagai ajang untuk mendapatkan pengalaman baru," ujarnya.

Asian Para Games 2018 merupakan edisi ketiga sejak kali pertama diselenggarakan di Guangzhou, Cina, pada 2010, dan Incheon (Korea Selatan) 2014. Indonesia merupakan negara di kawasan Asia Tenggara pertama yang jadi jadi tuan rumah pesta olahraga untuk kaum difabel bangsa Asia ini. (*)

sumber: topskor.id

Baca Juga

Penulis: Agusmanto