Pakai Mesin Baru, Dovizioso Lebih Beruntung dari Lorenzo

"Pembalap asal Italia itu menggunakan mesin baru tahun 2018 yang menopang motor Desmosedici"
Andrea Dovizioso (Motorsport)

MOTOGP, KLIKPOSITIF -- Runner up MotoGP 2017, Andrea Dovizoso lebih beruntung dari rekan setimnya saat tes resmi pramusim 2018 di sirkuit Buriram, Thailand akhir pekan lalu.

Pembalap asal Italia itu menggunakan mesin baru tahun 2018 yang menopang motor Desmosedici. Peforma mesin yang lebih baik berhasil membuatnya mengisi peringkat ke tujuh dan terpaut 0,4 detik dari Pedrosa yang mengisi peringkat tercepat.

Hasil yang ia dapatkan jauh berbeda jika dibandingkan dengan Lorenzo. Pemegang gelar juara dunia tahun 2015 itu terpuruk ke posisi ke 22 atau terpau hampir 2 detik dengan Pedrosa.

Perbedaan hasil kedua pembalap tidak terlepas dari peforma mesin, jika saat itu Dovi menggunakan mesin baru, sedangkan Lorenzo menggunakan mesin Desmosedici GP17 alias mesin lama.

Dovizioso mengatakan, secara spesifik tidak ada yang berbeda dari kemampuan mesin. Namun ia tidak ingin mengaitkan mesin dengan hasil yang Lorenzo raih.

"Tidak ada perbedaan besar di antara kedua motor itu, tapi di Malaysia sudah jelas. Jadi, tidak ada alasan bagi saya untuk membandingkannya lagi," katanya dilansir dari Motorsport.

Ia justru merasa lebih bahagia dengan sasis direvisi saat dibawa ke Thailand oleh Ducati pada tes hari terakhir, setelah ragu-ragu mengenai potensinya pada hari kedua.

"Sebagian besar waktu ketika Anda mencoba sesuatu, tidak mudah untuk merasakan segera perbedaannya dan Anda harus mencoba hari demi hari di trek berbeda untuk benar-benar mengonfirmasi dan mengambil keputusan untuk kejuaraan," papar dia.

Hasil tes Buriram membuat Dovi tidak ragu lagi untuk membuat keputusan penggunaan mesin di seri pembuka di Losail, Qatar nanti.

Sekaligus membuat mantan rekan setimnya Stoner dan Pedrosa di Repsol Honda tersebut menjadi salah satu kompetitor perebutan gelar juara setelah Zarco dan Pedrosa.

"Saya bisa melihat Marc dalam kondisi lebih baik di awal tahun lalu. Saya juga bisa melihat hal ... Baca halaman selanjutnya