Tahun Ini, Semua Baju Pembalap MotoGP Wajib Pakai Airbag

"Baju balap yang dilengkapi airbag harus dipakai pada setiap sesi"
Airbag berfungsi menjaga keamanan dan keselamatan pembalap di lintasan jika terjadi benturan (Motorsport)

MOTOGP, KLIKPOSITIF -- MotoGP mengeluarkan kebijakan baru soal keselamatan dan keamanan pembalap dari benturan di lintasan. Kebijakan itu adalah penggunaan airbag.

Kebijakan yang dikeluarkan oleh Komisi Grand Prix itu menyebutkan bahwa baju balap yang dilengkapi airbag harus dipakai pada setiap sesi oleh setiap pembalap permanen, dan harus berfungsi ketika berada di lintasan.

Pembalap wild card adalah satu-satunya pengecualian, dan pembalap pengganti dikecualikan dari regulasi tersebut untuk dua balapan pertama mereka saja. Setelah itu, baju balap pembalap pengganti sesuai dengan persyaratan dan spesifikasi seperti pembalap tetap.

Dari sisi fungsi, airbag harus menutupi dan melindungi, setidaknya bahu dan tulang selangka.

Proteksi punggung penuh atau tengah adalah opsional. Namun, jika pabrikan memilih untuk memiliki perlindungan punggung, maka harus mencakup seluruh tulang belakang.

Dikutip dari Motorsport, komisi memberikan variasi kecil sesuai dengan spesifikasi masing-masing sistem diperbolehkan.

Variasi yang dimaksud adalah untuk mengakomodasi morfologi yang berbeda pada setiap pembalap. Tapi area kunci dan pedoman sama berlaku untuk setiap pabrikan.

Setiap airbag harus melewati serangkaian tes untuk membuktikan agar sepenuhnya sesuai dengan regulasi.

Persyaratan berkisar dari baterai dan elektronik hingga waktu penyebaran dan inflasi, dengan penyebaran yang tidak disengaja juga merupakan faktor penting.

Penyebaran airbag yang tidak disengaja tidak boleh menyebabkan pembalap mengalami kecelakaan atau menghalangi pembalap mengendalikan motor mereka.

Selain itu, sistem airbag tidak memerlukan bagian apapun untuk ditambahkan ke motor, dan harus dipicu tanpa pembalap ditambatkan ke motor.

Setiap pabrikan harus mengesahkan diri di dalam dokumentasi resmi untuk baju balap, bahwa sistem mereka sepenuhnya mematuhi peraturan dan memenuhi standar.

Mereka ... Baca halaman selanjutnya