Bursa Transfer Pembalap MotoGP Bakal Berlangsung Panas

"Beberapa pembalap belum membuat keputusan"
Rossi dan Marquez adalah pembalap yang akan mengakhiri kontrak di musim 2018 (Net)

MOTOGP, KLIKPOSITIF -- Sebanyak 12 pembalap tim pabrikan di MotoGP habis masa kontraknya di akhir musim 2018, dan keputusan soal kontrak baru di tim untuk musim 2019 akan berlangung pada pertengahan musim ini.

Bagi bos Yamaha, Lin Jarvis, kondisi seperti itu akan membuat suasan di grid lebih panas dari biasanya. Sebab beberapa pembalap belum membuat keputusan.

"Saya pastinya melihat pasar pembalap bisa cukup panas di masa depan," ujarnya.

Ia mengakui, panasnya bursa transfer tersebut disebabkan karena penambahan jumlah tim pabrikan sejak musim 2014 lalu.

Kemudian terkait dengan itu semua tim pabrikan di pentas balap motor tertinggi di dunia tersebut akan mencoba berbagai macam hal untuk mempertahankan dan memburu pembalap yang mereka inginkan.

"Di masa lalu, kami mungkin memiliki tiga pabrikan utama, kemudian setiap orang harus berhasil mencapai kesuksesan, dan untuk melakukannya anda perlu mengamankan pembalap top agar mendapatkan performa maksimal dari proyek Anda," kata Jarvis.

Kondisi demikian tentu akan mencuri perhatian khusus setiap tim, "Jika ada tiga orang yang mengajukan penawaran untuk pembalap, maka ini berbeda jika ada enam orang yang menawar," tambah dia.

Ia menilai, transfer pembalap untuk musim 2019 jelas sangat kompetitif, namun hal itu tetap akan menjaga pasar pembalap tetap terkendali dan masuk akal.(*)