Bos Yamaha Tech 3 Enggan Kerjasama dengan Rossi di MotoGP karena Hal Ini

"Poncharal mengatakan, bahwa ia meragukan Rossi"
Herve Poncharal (Motorsport)

MOTOGP, KLIKPOSITIF -- Bos tim pabrikan Yamaha di MotoGP, Tech 3-Herve Poncharal secara terang-terangan menyebut keengganannya bekerjasama dengan Valentino Rossi.

Poncharal secara tegas menolak kerjasama kontrak dengan Rossi jika pembalap asal Italia tersebut mengikutsertakan tim balapnya-VR46 di kejuaraan tertinggi balap motor dunia itu.

"Saya tidak menginginkan dia sebagai partner. Mungkin dia bisa membeli Aspar, Avintia, LCR atau tim satelit manapun. Tapi saya rasa ini bukan yang dia inginkan," katanya.

Semua tim satelit terikat kontrak dengan Dorna Sports untuk tetap berada di grid hingga 2021.

Artinya, tim baru harus membeli salah satu tim satelit yang sudah ada–atau mendapat persetujuan dari Dorna dan semua tim satelit yang saat ini ada di grid .

Poncharal mengatakan, bahwa ia meragukan Rossi akan berpartner dengan tim satelit yang sudah ada.

Selain itu pria asal Prancis ini juga mengesampingkan aliansi antara The Doctor dan Tech 3.

"Kami memiliki kontrak dengan Dorna dari 2017 sampai 2021, tidak ada yang bisa masuk dalam kejuaraan kecuali mereka menemukan cara untuk membuat kesepakatan, kemitraan atau bergabung dengan tim yang ada," ucapnya.

Menurut dia, jika Rossi ingin mengisi slot tim satelit MotoGP, ia harus mendapatkan persetujuan dari Dorna-selaku pengelola balapan.

"Kemudian juga harus punya persetujuan dari seluruh tim satelit yang ada, karena kami sudah punya kontrak eksklusif yang diresmikan secara tertulis," papar Poncharal.

Jika Rossi tidak punya dua hal tersebut, maka pembalap senior MotoGP itu baru bisa bergabung di kejuaraan tertinggi pada musim 2022 mendatang.(*)