Balap Sepeda Tour of Indonesia Naik Kelas, Balapan Dimulai Januari 2018

"Sebelumnya ajang balapan itu berada di kelas 2.2 atau setingkat dengan Tour de Singkarak"
Ilustrasi balap sepeda (KLIKPOSITIF/Ocky Anugrah Mahesa)

KLIKPOSITIF -- Organisasi balap sepeda internasional (UCI) secara resmi telah menaikkan kelas ajang balap sepeda internasional besutan Persatuan Balap Sepeda Indonesia (PB ISSI).

Jika sebelumnya ajang balapan itu berada di kelas 2.2 atau setingkat dengan Tour de Singkarak, sekarang iven tersebut sudah berada di peringkat 2.1 atau setingkat di atas TdS.

Kenaikan peringkat tersebut kemudian disambut oleh PB ISSI dengan mengadakan iven balapan Tour of Indonesia yang akan dimulai pada 25 hingga 28 Januari 2018 mendatang.

Pada iven tersebut, Ketua PB ISSI Raja Sapta Oktohari mengatakan, balapan akan dimulai di Malang.

"Kami ingin berhati-hati dalam balapan tahun ini. Sebisa mungkin PB ISSI ingin mendapat kepercayaan lebih dari UCI agar event ini bisa naik satu tingkat lagi menjadi 2.0 tahun depan," kata Okto.

Balapan Tour of Indonesia akan melalui 4 etape, dimana awal balapan digelar di Borobudur dan berakhir di Bali.

Total peserta akan melewati 10 kabupaten/kotamadya di tiga provinsi yakni Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali.

Terkait dengan itu, PB ISSI kembali menggandeng Kementerian Pariwisata pada iven 2018 ini.

Menteri pariwisata, Arief Yahya, menyebut event Tour of Indonesia harus bisa dimanfaatkan untuk menarik minat wisatawan asing jelang Asian Games 2018.

"Tahun 2018 kami memiliki dua event besar yaitu Asian Games dan Annual Meeting IMF-WB akan menjadi momentum untuk mendulang banyak wisman serta mengenalkan destinasi wisata Indonesia," jelas Arief.

Sebanyak 17 tim dipastikan bakal berpatisipasi pada Tour of Indonesia 2018. Sebagai tuan rumah, Indonesia menurunkan tiga tim yakni KFC cycling team, PGN cycling team, dan ACC cycling team.(*)