Dibidik Banyak Tim, Yamaha Bakal Sulit Mempertahankan Zarco

"Ia mulai diidolakan oleh tim lain"
Johann Zarco (Net)

MOTOGP, KLIKPOSITIF -- Musim MotoGP 2017 merupakan debut perdana Johann Zarco di kelas balapan utama. Di debut perdananya ini, Zarco tampil impresif.

Hasil yang ditorehkan pembalap asal Perancis yang memperkuat tim satelit Yamaha-Tech 3 membuat ia mulai diidolakan oleh tim lain.

Pasca musim 2017 ini, tim Yamaha Tech 3 mengakui bahwa salah satu pembalap andalan mereka itu mulai diincar oleh banyak tim, salah satunya tim pabrikan KTM.

Bos Yamah Tech 3, Herve Poncharal mengatakan kemampuan Zarco melibas trek balap dengan YZF-M1 membuatnya pantas jadi incaran.

Hanya saja menurut dia, hal itu kemudian membuat tim kesulitan untuk mempertahankan peraih dua gelar juara Moto2 tersebut.

"Sesuatu yang tidak dapat kami anggap remeh adalah kontrak semua pembalap berakhir pada 2018, kami tahu bahwa sebagian besar pembicaraan untuk mempersiapkan 2019 sudah berlangsung," katanya.

Ia menilai, cukup masuk akal jika di musim 2019 nanti Zarco kepincut tawaran dari tim lain, dan tentunya dengan nilai kontrak yang lebih besar.

"Kami ingin dia terus berkembang, dan langkah terakhir adalah bergabung dengan tim pabrikan. Keseluruhan anggaran saya mungkin 30% lebih rendah dari gaji para pembalap teratas di MotoGP," tutur Poncharal.

"Jelas ada ketertarikan terhadap Johann menjadi pembalap pabrikan pada 2019. Akan menyedihkan jika kami tidak mempertahankannya, tapi saya juga mengerti," pungkasnya kemudian.(*)