Menpora: Pencak Dor, Olahraga yang Perlu Didukung Sebagai Budaya dan Pariwisata

"Menpora mendorong agar olahraga pariwisata Pencak Dor dapat didukung dan disiarkan secara langsung oleh televisi nasional dan dapat dilaksanakan lebih sering"
pagelaran Pentas Seni Olahraga Budaya Pencak Dor 2017 di lapangan terbuka Blitar, Jawa Timur, Kamis (7/12) malam (kemenpora)

KLIKPOSITIF -- Menpora Imam Nahrawi menyatakan Pencak Dor bukan hanya sekedar olahraga tetapi juga sport tourism, dimana pariwisata olahraga sudah betul betul diagungkan.

"Malam ini saya menyaksikan Pencak Dor dengan mata kepala saya sendiri," kata Menpora dalam Acara Kirab Pemuda Nusantara 2017 di lapangan terbuka Blitar, Jawa Timur, Kamis (7/12) malam.

Menpora mendorong agar olahraga pariwisata Pencak Dor dapat didukung dan disiarkan secara langsung oleh televisi nasional dan dapat dilaksanakan lebih sering. "Olahraga pariwisata harus terus didukung oleh televisi nasional secara langsung dan penontonnya sangat luar biasa, even ini saya harap tidak hanya tahunan tetapi kalau perlu per triwulan sekali diadakan," tutur Menpora disambut tepuk tangan ribuan penonton.

Menurutnya pemerintah akan terus mendukung dan membantu. "Pencak Dor adalah sesuatu yang luar biasa setidaknya menginspirasi dan menyemangati kita semua dari pada bertengkar di jalan lebih baik berada di ring Pencak Dor seperti sekarang sehingga selain menjadi hiburan tersendiri juga dapat dinikmati bersama," tambahnya.

"Selamat melanjutkan Pencak Dor, terima kasih kepada semua pendekar, silahkan ditularkan ilmu yang bermanfaat ini kepada anak anak dan pemuda pemuda kita agar mereka sehat jasmani dan sehat rohani untuk mengisi pembangunan bangsa Indonesia di masa yang akan datang salam hormat dari Bapak Presiden Jokowi, semoga suatu saat beliau dapat menyaksikan secara langsung Pencak Dor yang sangat spektakuler ini," harap Menpora.

Pencak Dor merupakan olahraga beladiri semacam Muay Thai atau Tarung Bebas yang dilaksanakan setiap tahun di Blitar, Jawa Timur, diatas arena kayu dan bambu, awalnya Pencak Dor adalah dihelat antar santri dan menjadi tontonan warga sejak 1960-an lalu. (*)

Sumber: Kemenpora