Juara Formula 4 di China, David Sitanala Bidik F4 Inggris

"David menyambut baik dukungan dari Pemda melalui Gubernur, dan harapannya bisa terus bersama-sama"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF -- Gubernur Maluku Said Assagaff berharap pebalap muda belasan tahun asal Maluku David Juliano Sitanala, terus membawa dan mengharumkan nama Maluku di ajang balap internasional.

"Ini luar biasa. Pemerintah Daerah Maluku tentu akan mendorong supaya David terus bisa ikut ajang internasional. Karena selain bawa nama Maluku, dia juga membawa nama negara Indonesia. Apalagi, Menteri Pariwisata maupun Menteri Pemuda dan Olahraga, sudah berkomunikasi soal David ini," ujar Gubernur Assagaff.

Pernyataan tersebut disampaikannya, ketika menerima kunjungan David, yang datang membawa dua buah piala raihannya pada ajang Formula 4 di sirkuit internasional Zhuhai, China, April 2017, untuk dipersembahkan kepada masyarakat Maluku melalui Pemda Maluku, bertempat di Kantor Gubernur Maluku, Ambon, kemaren (Kamis, 7/12).

Assagaff mengatakan, atas nama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku, dia menyampaikan banyak terima kasih, penghargaan dan apresiasi buat David yang meraih dua kali juara tiga pada ajang balap di China ini. "Saya kira ini putera Maluku pertama, yang memberanikan diri untuk bisa tampil pada ajang balap internasional Formula 4 di China," tandasnya.

Menurut Assagaff, jarang ada yang seberani David. Sebab perjalanannya diawali dari go kart, langsung ke Formula 4. Dia menyebutkan, menurut mereka yang ahli di bidang ini, biasanya tidak secepat itu, karena butuh penyesuaian waktu, minimal enam bulan.

“Balap ini kan musti berani. Sehingga langsung dari go kart ke F4 dan saat balap di China, tiga kali race dan dua kali diikuti, David persembahkan piala di nomor urut 3 untuk 2 kali race. Sayangnya pada balapan ketiga, ada sedikit trouble pada mesinnya," terang Assagaff.

Assagaff menyebutkan, tahun 2018, ada sejumlah permintaan juga kepada David. Dia sendiri berkeinginan untuk tidak saja ikut balap di Asia, tapi mau juga ke Eropa diantaranya di Inggris dan Jerman.

"Saya bilang ke Ketua IMI ... Baca halaman selanjutnya