Inkanas Sumbar Sabet 28 Medali Kejuaraan Terbuka Karate Internasional

"Ada beberapa juara yang ditentukan pada enam kategori "
Atlet Inkanas Sumbar Merayakan Kemenangan (KLIKPOSITIF/Halbert Chaniago)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Intitut Kareta-do Nasional menjadi juara pertama perolehan medali terbanyak pada kejuaraan terbuka Karate Internasional di Padang, yang digelar sejak Jumat 1 Desember lalu hingga Minggu, 3 Desember hari ini.

Tim yang mengikutsertakan sebanyak 25 orang karateka tersebut berhasil memperoleh 28 total medali. Dengan rincian medali emas sebanyak 11 medali perak 11 dan perunggu sebanyak 6 medali.

Pada posisi kedua, diikuti oleh tim Indonesia Karate-do (Inkado) Sumbar dengan perolehan sebanyak 25 medali. Dengan rincian 7 medali emas, 4 medali perak dan 14 medali perunggu.

Pada posisi ketiga diperoleh oleh tim Bank Sumut Comunity dengan perolehan 9 medali dengan 7 medali emas, 0 medali perak dan 4 medali perunggu.

Selain itu, ada beberapa juara yang ditentukan pada enam kategori yaitu Usia Dini, Pra Pemula, Pemula, Cadet, Yunior dan Senior.

Juara umum kategori usia dini diperoleh oleh INKANAS Kota Payakumbuh, Kategori Pra Pemula dari INKADO Sumbar, Kategori pemula dari FORKI Kabupaten Solok, Kategori Cadet dari INKADO Sumbar, Kategori Junior dari Bank Sumut Comunitu dan INKADO Sumbar dan Kategori Senior dari INKANAS Sumbar.

Ketua Federasi Olaraga Karate Indonesia (FORKI) Sumatera Barat, Hendra Irwan Rahim mengatakan bahwa kejuaraan ini merupakan kejuaraan perdana dan dinilai sukses hingga akhir pelaksanaan iven.

"Ini merupakan agenda perdana dan semoga kedepannya kami bisa menggelarnya lebih baik lagi," katanya.

Ia berharap agar kedepan kejuaraan tersebut akan menjadi kalender tahun di Asian Karate Federation (AKF) sebagai tempat bernaungnya Karateka seluruh Asia.

"Di tahun depan direncanakan akan ada negara lain yang akan diikutsertakan sehingga iven ini bisa lebih besar, dan untuk kali ini kami ucapkan selamat pada pemenang," sambungnya.

[Halbert Caniago]