Pembalap Indonesia Belum Bisa Perbaiki Peringkat Klasemen TdS 2017

"Setelah balapan etape 6, Jamal masih bertahan di peringkat ke enam"
Jamal Hibatullah (KLIKPOSITIF/Ocky Anugrah Mahesa)

BUKITTINGGI, KLIKPOSITIF -- Pembalap Indonesia dari tim KFC Cycling Team Jamal Hibatullah masih belum bisa memperbaiki posisinya di klasemen sementara klasifikasi umum Tour de Singkarak 2017.

Setelah balapan etape 6, Jamal masih bertahan di peringkat ke enam meski ia hanya finish di posisi ke 36 atau terpaut 54 detik dengan rekan setimnya-Muhammad Imam Arifin yang menjadi pemenang balapan di trek sepanjang 145,7 kilometer tersebut.

Di peringkat klasemen, Jamal Hibatullah yang menjuarai etape 4 lalu memiliki selisih waktu yang cukup jauh dengan pemuncak klasemen-Daniel Whitehouse-yakni 11 menit 23 detik.

Dengan catatan tersebut, harapan pembalap asal Sumedang tersebut untuk menjadi juara atau runner up cukup sulit dikejar, mengingat balapan hanya bersisa 3 etape lagi.

Usai memenangi etape 4 lalu, peringkat klasemen Jamal sempat naik ke posisi tiga, namun pada etape 5 Rabu kemarin ia kembali merosot ke peringkat ke enam karena kesulitan saat menempuh balapan tanjakan tinggi di Kabupaten Solok.

Setelah darisana, pada KLIKPOSITIF Jamal mengaku akan mencoba peruntungan di etape 6 dari Kota Pariaman ke Pasaman Barat, tapi kemudian lagi-lagi ia gagal dan kemenangan berada di tangan rekan setimnya, Imam.

"Saya akan coba curi peluang menang melalui strategi tim, karena memang di etape 6 yang banyak sprint cocok dengan karakter sejumlah pembalap di tim sebagai sprinter," katanya pada KLIKPOSITIF, Rabu lalu.

Rencana itu kemudian gagal setelah Imam yang tampil impresif di etape 6. Imam berhasil menjadi juara setelah ia meninggalkan semua rivalnya pada jarak 200 meter sebelum finish di Kabupaten Pasaman Barat.

Hanya saja dengan kemenangan itu, Imam belum bisa menggeser posisi rekan setimnya-Jamal dari klasemen pembalap Indonesia terbaik dengan akumulasi waktu 21 jam 14 menit 22 detik.(*)