Kemenangan Marquez Kukuhkan Kekuasaan Pebalap Spanyol di MotoGP

"Pebalap 24 tahun ini tercatat telah mengakumulasi gelar juara ke enamnya dengan impresif"
Selebrasi Kemenangan Marquez di Musim MotoGP 2017 (Motorsport)

MOTOGP, KLIKPOSITIF -- Marc Marquez berhasil menambah ukiran namanya di piala juara dunia MotoGP setelah mengalahkan Andrea Dovizioso di balapan seri terakhir di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol pada Minggu 12 November 2017.

Pebalap 24 tahun ini tercatat telah mengakumulasi gelar juara ke enamnya dengan impresif seiring dengan kemunduran peforma pebalap dari tim rival Movistar Yamaha-Rossi dan Vinales.

Andrea Dovizioso yang mulai menganggu perjalanan The Baby Alien pasca putaran kedua MotoGP ternyata juga gagal setelah terjatuh di seri Valencia kemarin.

Dengan demikian, Marquez telah berhasil mengukuhkan dominasi pebalap Spanyol sebagai raja MotoGP dalam 5 musim terakhir-sejak terakhir kemenangan Rossi di musim 2009 lalu.

Kekuasaan pebalap Spanyol dimulai pada tahun 2010 lalu, saat itu ia berhasil mengunci gelar juara setelah mengasapi rekan setimnya Valentino Rossi usai balapan di seri Sepang Malaysia.

Pada saat itu Lorenzo mengunci raihan poinnya dengan jumlah 313 poin, dan meninggalkan Rossi di posisi ketiga dengan jumlah raihan 181 poin dan Dani Pedrosa di posisi kedua dengan jumlah 228 poin.

Setahun setelah itu, dominasi pebalap Spanyol dipatahkan oleh Casey Stoner-pebalap asal Australia saat memperkuat tim Repsol Honda.

Stoner berhasil mengukuhkan gelar juara usai balapan di rumahnya sendiri-sirkuit Philip Island dengan jumlah raihan 325 poin. Pada musim itu Lorenzo gagal mempertahankan gelarnya karena cidera.

Kemudian di tahun 2012, berkaca dari kegagalan di tahun 2011, Jorge Lorenzo kembali melanjutkan raihan gelar juaranya setelah berhasil meninggalkan Pedrosa di posisi kedua dengan selisih 43 poin.

Kemenangan Lorenzo tersebut dikukuhkan di sirkuit Philip Island, bersamaan dengan itu salah satu rival terberat X-Fuerra, Stoner memutuskan untuk mengundurkan diri dari kejuaraan balap motor tertinggi dunia tersebut.

Pada tahun 2013, dominasi pebalap ... Baca halaman selanjutnya