Gagal Bersaing, Rossi Akui MotoGP 2017 Musim Terburuk

"Pebalap tim pabrikan Yamaha itu hanya mampu mengisi peringkat ke lima klasemen akhir"
Valentino Rossi (Net)

MOTOGP, KLIKPOSITIF -- Pebalap senior MotoGP, Valentino Rossi menganggap musim 2017 ini merupakan musim terburuk baginya, sebab ia gagal bersaing dengan pebalap tiga besar untuk memperebutkan gelar juara dunia.

Pebalap tim pabrikan Yamaha itu hanya mampu mengisi peringkat ke lima klasemen akhir balapan, atau berada setingkat di bawah Dani Pedrosa.

"Sekarang kami memasuki periode paling penting untuk berusaha memperbaiki performa musim depan," katanya dikutip dari Crash.

Sepanjang kariernya di kelas primer Grand Prix (500cc/MotoGP), Rossi sebelumnya tidak pernah finis lebih buruk dari posisi empat ketika memperkuat Yamaha dan Honda.

Namun begitu ia memberikan pengecualian kala The Doctor memperkuat Ducati di musim 2011 dan 2012 lalu.

"Saat itu saya di peringkat ke tujuh dan enam, dan itu bukanlah musim yang kompetitif," ucap Rossi. Selama memperkuat tim Yamaha, prestasi terburuk Rossi adalah finis keempat pada musim 2013.
Sedangkan saat bersama Honda, finis terburuk pebalap 38 tahun itu adalah menjadi runner-up pada musim 2000.

Rossi sendiri meraih hasil terburuknya di ajang Grand Prix pada musim debutnya di kelas 125cc, yakni pada musim 1996. Ketika itu Rossi yang memperkuat Aprilia hanya mampu finis posisi sembilan.

Kendati demikian, Rossi mengaku sebenarnya ia meraih hasil yang cukup positif di awal musim ini dengan meraih podium di tiga seri awal.

Tapi, kegagalan tim Movistar Yamaha mengembangkan sepeda motor YZR-M1 2017 membuat ia gagal bersaing dengan Marc Marquez dan Andrea Dovizioso dalam perebutan gelar juara dunia.(*)