Jika Menang di Valencia, Dovizioso Pecahkan 4 Rekor Sekaligus

"Jika berhasil finish di urutan pertama, maka DesmoDovi juga berhasil mengunci gelar juara dari tangan Marc Marquez"
Ilustrasi (Net)

MOTOGP, KLIKPOSITIF -- Pebalap Ducati, Andrea Dovizioso bakal memecahkan empat rekor sekaligus jika berhasil menjadi juara di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol pada Minggu 12 November mendatang.

Jika berhasil finish di urutan pertama, maka DesmoDovi juga berhasil mengunci gelar juara dari tangan Marc Marquez.

Pebalap asal Italia itu berpeluang menjadi juara dunia jika Marquez hanya bisa mengakhiri balapan di urutan ke 11 atau gagal finish sama sekali, karena memang saat ini mereka hanya terpaut 21 poin.

Selain menjadi juara, Dovi juga bakal memecahkan rekor sebagai orang Italia ketiga setelah Valentino Rossi dan Marco Melandri yang menaklukkan MotoGP Valencia sebagai juara.

Predikat tersebut pun sekaligus memutus dominasi pebalap Spanyol yang sudah delapan kali juara di Valencia dalam 11 tahun terakhir. Dovizioso juga bakal mengembalikan kejayaan Ducati di Valencia yang terakhir kali dipersembahkan Casey Stoner pada 2008.

Andai menjadi juara MotoGP 2017 di Valencia, gelar tersebut menjadi yang pertama untuk Dovizioso dalam sembilan tahun kariernya pada balapan kelas primer.

Selain itu, ia juga bakal menjadi orang Italia ketujuh setelah Umberto Masetti, Libero Liberati, Giacomo Agostini, Marco Lucchinelli, Franco Uncini, dan Valentino Rossi yang mampu menjadi juara dunia pada balapan kelas primer. Terakhir, gelar tersebut dipersembahkan Rossi pada 2009.(*)